Senin, 07 November 2011

Potassium untuk Anak



Anak-anak mendapatkan kurang dari 60 % potasium dari angka yang dianjurkan dikarenakan, mereka tidak mendapatkan cukup buah dan sayuran. Potasium merupakan kunci dalam menjaga cairan tubuh dan tekanan darah serta  membantu otot berkontraksi.

Sumber Terbaik:

Pisang, jeruk dan jus jeruk, ubi putih dan dan orange, yogurt, susu, melon orange, melon hijau, aprikot kering, tomat, saus tomat, dan ikan seperti halibut dan cod.


Pisang adalah salah satu sumber terbaik untuk potassium, yakni mineral penting yang menjaga tekanan darah normal dan fungsi hati. Rata-rata, pisang yang terdiri dari 422 mg potassium dan 1 mg sodium, dapat membantu pencegahan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis.

Kebutuhan Potassium 
Potassium bersama sodium bekerja sama dalam mengatur keseimbangan cairan antar sel. Potassium di dalam sel dan sodium di cairan sekeliling sel. Jika pemasukan sodium terlalu tinggi sementara potassium terlalu rendah, cairan di dalam sel akan tertarik keluar sel sehingga terjadi penumpukan cairan sehingga anggota tubuh menjadi bengkak, yang biasa disebut edema

Kalau konsumsi potassium berlebihan, ginjal akan mengeluarkan kelebihan potassium melalui urine dan keringat. Kekurangan potassium dapat mengakibatkan kelelahan, kram kaki, lemah otot, refleks lambat, jerawat, kulit kering, perubahan suasana hati (mood) dan denyut jantung tidak teratur (arrhythmia). Namun kekurangan potassium jarang ditemui pada orang yang punya pola makan normal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar